PENGARUH EDUKASI PENANGANAN TERSEDAK PADA ANAK USIA DI BAWAH LIMA TAHUN (BALITA) TERHADAP PENGETAHUAN ORANG TUA

Authors

  • Nur Aidah STIKes Wijaya Husada Bogor
  • Tety Novianty STIKes Wijaya Husada Bogor

Keywords:

Edukasi, Tersedak, Anak

Abstract

Latar Belakang : Pengetahuan menjadi hal yang penting bagi individu yang memiliki anak di bawah lima tahun (balita), kurangnya pengetahuan akan berdampak pada perilaku orang tua atau pengaruh dalam menangani tersedak pada anak, bila perilaku dalam penanganan tersedak pada anak benar maka anak akan terhindar dari ancaman kematian. Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Penanganan Tersedak Pada Anak Usia di bawah Lima Tahun (BALITA) terhadap Pengetahuan Orang Tua. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra eksperimental dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain ”one group pre-test and post-tes”. Jumlah sampel dalam penelitian ini 34 responden orang tua yang memiliki anak usia dibawah lima tahun (BALITA) dengan menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner yang sudah di uji validitas lalu disebarkan melalui “Google Form” dan data diolah dengan menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil : Hasil penelitian pengetahuan orang tua pada saat PreTest didapatkan hasil bahwa banyaknya responden dengan pengetahuan kurang yaitu 31 responden (91,2%) dan sesudah dilakukan edukasi pada saat PostTest didapatkan hasil bahwa sebagian dengan pengetahuan cukup yaitu sebanyak 21 responden (61,8%). Hasil analisa menggunakan Uji Hipotesis Non Parametric Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan nilai p- value = 0,000 yang artinya P value ≤ 0,05 (Ho ditolak, Ha diterima Kesimpulan : terdapat pengaruh edukasi penanganan tersedak pada anak usia di bawah lima tahun (BALITA) terhadap pengetahuan orang tua.

References

Suartini E, Supardi K. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Tersedak Dengan Mobile Aplication Dan Phantom Pada Orang Tua Di Tk Taman Sukaria Terhadap Kemampuan Keluarga. J Med (Media Inf Kesehatan). 2020;

Pediatrics AA of. Death Of A Child In Emergency 83 Departement. 2010;

Pediatrics AA of. Prevention Of Choking Among. 2014.

Palimbunga APS, Palendeng OEL, Bidjuni H. Hubungan Posisi Menyusui Dengan Kejadian Tersedak Pada Bayi di Puskesmas Bahu Kota Manado. 2017;5(1):1–9.

Manado T co. Bocah 6 Tahun di Minahasa Tewas Tersedak Bakso. Tribunnews.com. 2019 May;

Liputan6.com J. Bayi 40 Hari Meninggal Karena Tersedak Pisang. Liputan6.com. 2019 Dec;

Pahrevi D. Santri yang ditemukan tewas karena tersedak lumpur dan air. kompas.com. 2020 Feb;

Ain H. Penanganan Sumbatan Benda Asing Pada Anak Berbasis Critical Care Caring. Media Sahabat Cendekia; 2019.

118 Y ambulan gawat darurat. Basic trauma life support and basic cardiac life support. Jakarta: Ambulan gawat darurat 118; 2015.

Harigustian Y. Tingkat Pengetahuan Penanganan Tersedak Pada Ibu yang Memiliki Balita di Perumahan Graha Sedayu Sejahtera. 2020;12(3):162–9.

Arikunto. Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In: Rineka Cipta, Jakarta. 2019. p. 21.

N PP. Pengaruh Edukasi Penanganan Tersedak Pada Balita Dengan Media Aplikasi Android Terhadap Pengetahuan Orang Tua di PAUD Tunas Mulia Kelurahan Sumbersari.

Published

2022-11-09

How to Cite

Aidah, N., & Novianty, T. (2022). PENGARUH EDUKASI PENANGANAN TERSEDAK PADA ANAK USIA DI BAWAH LIMA TAHUN (BALITA) TERHADAP PENGETAHUAN ORANG TUA. Jurnal Ilmiah Wijaya, 14(2). Retrieved from https://jurnalwijaya.com/index.php/jurnal/article/view/174

Issue

Section

Volume 14 Nomor 2 : 2022