HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN BAHAYA MEROKOK DENGAN PERILAKU MEROKOK

PENGETAHUAN BAHAYA MEROKOK

Authors

  • Diah Adni Fauziah STIKes

Keywords:

Pengetahuan, Perilaku, Merokok

Abstract

Merokok adalah suatu kebiasaan menghisap rokok yang dilakukan dalam kehidupan seharihari, merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindari bagi orang yang mengalami kecenderungan terhadap rokok. Rokok merupakan salah satu bahan adiktif artinya dapat menimbulkan ketergantungan bagi pemakainya. Sifat adiktif rokok berasal dari nikotin yang dikandungnya. Setelah seorang menghirup asap rokok, dalam 7 detik nikotin akan mencapai otak. Nikotin menimbulkan efek kesenangan sementara di otak, yang membuat seseorang ketergantungan. Akibatnya, orang yang kecanduan nikotin akan merasa cemas dan mudah marah jika tiba – tiba tubuhnya tidak mendapatkan asupan nikotin. Semua ahli kesehatan termasuk World Health Organization (WHO) telah lama menyimpulkan, bahwa secara kesehatan rokok banyak menimbulkan dampak negatif, lebih bagi anak-anak dan masa depannya. Tujuan penelitian ini untuk megetahui hubungan antara pengetahuan bahaya merokok dengan perilaku merokok pada siswa di SMK INFOKOMTahun 2019. Jenis penelitian ini adalah analtik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 50 responden sampel yang diperlukan sebanyak 50 responden, dengan tehnik total sampling. Instrument dalam penelitian ini penyebaran angket berupa kuesioner. Dari 50 responden terdapat 22 responden (44,0%) pengetahuan kategori baik, 25 responden (50,0%) pengetahuan kategori cukup, 3 responden (6,0%) pengetahuan kurang. Dari 50 responden terdapat 31 responden (62,0%) dengan perilaku tidak merokok, sebanyak 19 responden (38,0%) dengan perilaku merokok p value 0,024 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara kedua variabel. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungan antara pengetahuan bahaya merokok dengan perilaku merokok pada siswa di SMK INFOKOM tahun 2019.

References

Fauziah, D. A., Ronoatmodjo, S., & Riono, P. (2020). Pengaruh Distres Emosional terhadap Perilaku Merokok Remaja di Indonesia (Analisis Data Riskesdas 2013). JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(1), 11-19.

Published

2020-11-18

How to Cite

Diah Adni Fauziah, D. (2020). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN BAHAYA MEROKOK DENGAN PERILAKU MEROKOK : PENGETAHUAN BAHAYA MEROKOK. Jurnal Ilmiah Wijaya, 12(1). Retrieved from https://jurnalwijaya.com/index.php/jurnal/article/view/101

Issue

Section

Volume 12 Number 1 : 2020