HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG RUJUKAN DENGAN PELAYANAN RUJUKAN BERJENJANG SECARA ONLINE PADA PASIEN BPJS KESEHATAN

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG RUJUKAN

Authors

  • Akhmad Yani Suryana

Keywords:

Pengetahuan, Rujukan, BPJS

Abstract

BPJS Kesehatan ini merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program kesehatan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 001 Tahun 2012, pada pasal 4 ayat 1 dan 2 dijelaskan bahwa Pelayanan Kesehatan dilaksanakan secara berjenjang, sesuai kebutuhan medis dimulai dari pelayanan kesehatan tingkat pertama yaiut puskesmas,klinik dan dokter praktek perorangan. Kurangnya pengetahuan pasien tentang rujukan membuat peningkatan rujukan yang berdampak pada rasio angka rujukan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan pelayanan rujukan berjenjang. Jenis penelitan ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional dengan menggunakan Korelasi Uji Chi Square. Dan cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik Accidental sampling dan instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 162 responden terdapat 105 responden (64.8%) dengan pengetahuan baik, 95 diantaranya menyatakan pelayanan positif. Sedangkan 13 responden (6.8%) dengan pengetahuan kurang, diantaranya 11 responden (12,6%) menyatakan pelayanan negatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh p value = 0,000 dengan nilai signifikan < 0,05 yang artinya ada hubungan antara pengetahuan tentang rujukan dengan pelayanan rujukan berjenjang secara online pada pasien di UPT Puskesmas Semplak kota Bogor tahun 2020.

References

Nurjaman, D., & Rukasa, D. (2019). THE ANALYSIS OF BPJS PATIENT SATISFACTION LEVEL OF THE QUALITY HEALTH SERVICES IN PAFIO B ROOM CIBINONG HOSPITAL: ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG PAFIO B RSUD CIBINONG. Jurnal Ilmiah Wijaya, 11(2), 101-111.

Published

2020-11-19

How to Cite

Akhmad Yani Suryana , A. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG RUJUKAN DENGAN PELAYANAN RUJUKAN BERJENJANG SECARA ONLINE PADA PASIEN BPJS KESEHATAN: HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG RUJUKAN. Jurnal Ilmiah Wijaya, 12(2). Retrieved from https://jurnalwijaya.com/index.php/jurnal/article/view/108

Issue

Section

Volume 12 Number 2 : 2020